Sukses

Susilo Bambang Yudhoyono, Capres 2004 Unggulan

Jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia menunjukkan Menko Polkam Susilo Bambang Yudhoyono paling diminati sebagai calon presiden 2004. SBY bisa mengungguli Megawati jika disokong partai besar.

Liputan6.com, Jakarta: Poling calon presiden dalam Pemilihan Umum 2004 mendatang marak. Hasil jajak pendapat yang diselenggarakan Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru-baru ini, menunjukkan Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Susilo Bambang Yudhoyono paling banyak dipilih responden. Kemudian disusul oleh Presiden Megawati Sukarnoputri dan Wakil Presiden Hamzah Haz.

Namun, pada putaran kedua, Megawati yang Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan hanya akan menghadapi Susilo Bambang Yudhoyono. LSI mencatat, SBY dapat mengungguli Megawati bila pada putaran ke dua dirinya didukung partai besar. Menurut poling yang dilakukan selama tiga bulan di 2.240 desa dan kota di Indonesia ini, Susilo unggul karena kemampuannya menanggapi isu dan peristiwa nasional, seperti Gerakan Aceh Merdeka, terorisme, dan Papua.

Sedangkan terhadap Partai Golkar, poling LSI menunjukkan, konvensi partai dipandang sebagai mekanisme penjaringan calon presiden yang inovatif bagi politik Indonesia. Tapi, tidak ada satupun tokoh yang ikut konvensi masuk dalam divisi utama. Kecuali, jika Golkar mencalonkan SBY.

Tahun silam, poling Lembaga Centre for Political Studies-Soegeng Sarjadi Syndicated melakukan jajak pendapat terhadap 10 ribu calon pemilih di 14 kota besar di Indonesia. Hasilnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menempati rangking pertama dalam poling calon presiden 2004 [baca: Sri Sultan Terpilih dalam Poling Calon Presiden 2004].(TNA/Abbas Yahya dan Haryo Dewanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.