Sukses

Ketua DPR: Sidarto, Negarawan yang Tepat Pimpin MPR

Menurut Marzuki, selain tepat, penunjukkan itu telah sesuai dengan tata tertib yang ada.

Ketua DPR Marzuki Alie mengapresiasi penyerahan nama Sidarto Danusubroto dari Fraksi PDIP untuk menggantikan mendiang Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR. Menurut Marzuki, selain tepat, penunjukkan itu telah sesuai dengan tata tertib yang ada.

"Dengan usia 77, beliau tepat untuk memimpin MPR," kata Marzuki di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (5/7/2013). Marzuki yakin Sidarto dapat menjalankan sosialisasi 4 pilar, seperti yang dijalankan oleh mendiang Taufiq. "Dia bisa bertindak sebagai negarawan," kata dia.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat itu mengaku mengenal lama sosok ajudan mantan Presiden Soekarno itu. Menurut dia, kebersamaan itu ketika menjadi pimpinan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKAP).

"Pengalaman banyak. Kedekatannya dengan Soekarno. Dia sangat loyalis Soekarno," kata Marzuki. "Makanya dia buat buku. Ada hal-hal yang tercecer dengan Soekarno."

Nama Sidarto disampaikan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri kepada pimpinan MPR. Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan Partai itu juga anggota Komisi I DPR dan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen DPR.

Sidarto akan mengucapkan sumpahnya sebagai Ketua MPR pada Senin (8/7/2013). Seluruh pimpinan lembaga tinggi negara akan diundang untuk menyaksikan, termasuk Presiden dan Wakil Presiden. (Ism/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.