Sukses

[VIDEO] Mantan Ajudan Bung Karno Terpilih Jadi Ketua MPR

Sidarto Danusubroto menjadi Ketua MPR menggantikan almarhum Taufiq Kiemas yang wafat bulan lalu.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya menunjuk  mantan ajudan presiden Soekarno, Sidarto Danusubroto menjadi Ketua MPR menggantikan almarhum Taufiq Kiemas yang wafat bulan lalu. Sidarto akan menyelesaikan masa jabatan Ketua MPR hingga 2014.

Kepastian tokoh senior PDIP tersebut menjadi ketua MPR disampaikan oleh Fraksi PDIP kepada Sekrtariat Jenderal MPR pada Kamis, 4 Juli 2013.

Sidarto yang telah berusia 78 tahun ini merupakan mantan ajudan Presiden Soekarno tahun 1967 hingga 1968 dari Kepolisian. Ia kini duduk di Komisi I dan telah menjadi anggota DPR sejak tahun 1999.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR RI, Hajriyanto Thohari mengatakan, segenap pimpinan MPR RI mengucapkan selamat untuk Sidarto Danusbroto.

"Intinya menyambut gembira calon yang diajukan PDIP sebagai pengganti almarhum Bapak Taufiq Kiemas. Dan mereka katakan akan tindaklanjuti dan konsultasi ke induk parpol masing-masing," jelas Hajriyanto di lingkungan Parlemen DPR RI, Senanya, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Menurut Hajriyanto, Sidarto adalah sosok yang senior. "Dia sosok politikus senior, bahkan lebih senior dibandingkan almarhum Bapak Taufiq Kiemas. Serta karir di Kepolisian Bapak Sidarto juga sudah malang melintang," katanya. (Luq/Ein)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini