Sukses

Muhammadiyah Puasa 9 Juli, Lebaran 8 Agustus

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menyatakan warganya akan mulai melaksanakan ibadah puasa pada 9 Juli 2013.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menyatakan warganya akan mulai melaksanakan ibadah puasa pada 9 Juli 2013. Hal tersebut diyakini warga Muhammadiyah sebagai awal 1 Ramadan.

"Sesuai dengan pendekatan yang ditempuh Muhammadiyah dari dulu hingga sekarang, kami mulai puasa tanggal 9 Juli 2013," kata Din Syamsuddin usai acara penyaluran dana kebajikan kepada mitra amal dan sosial di Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Menurut Din, Muhammadiyah menentukan awal Ramadan menggunakan pendekatan hisab hakiki peredaran bulan, bumi, dan matahari.

Berdasarkan ilmu falaq, dia menjelaskan, hilal Ramadan sudah ada karena matahari, bumi, dan bulan berada pada garis lurus pada 8 Juli pukul 02.00 lewat sekian menit. "Itulah pertanda bulan sebelumnya, bulan Sya'ban berakhir," ucap Din.

Dia juga menjelaskan, pada saat itu hilal sudah akan ada saat matahari terbenam.

"Maka ini tidak perlu dilihat lagi dan dikaitkan dengan iklim tropis, perubahan cuaca ataupun pemanasan global. Kapan awal puasa pada 100 tahun yang akan datang juga sudah bisa diprediksi karena pendekatannya eksak," ujar Din.

Dengan demikian, dia menambahkan, Ramadan akan berlangsung selama 30 hari karena bulan sebelumnya, Sya'ban hanya 29 hari sehingga Idul Fitri 1434 Hijriyah akan jatuh pada Kamis 8 Agustus. (Ant/Ary/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.