Sukses

[VIDEO] Pengamat: Kudeta Militer Akibat Kesalahan Morsi

Militer Mesir dibantu jutaan rakyat yang berdemonstrasi di Lapangan Tahrir berhasil menggulingkan Presiden Mohamed Morsi.

Militer Mesir dibantu jutaan rakyat yang berdemonstrasi di Lapangan Tahrir berhasil menggulingkan Presiden Mohamed Morsi. Untuk menggantikan Morsi, Ketua Mahkamah Konstitusi Mesir Adli Mansour ditunjuk menjadi Presiden sementara sampai pemilu digelar.
 
Morsi yang merupakan Presiden sipil pertama yang dipilih lewat pemilu itu kabarnya kini ditahan di salah satu fasilitas militer Mesir. Namun Morsi dinilai punya andil sehingga rakyat menggulingkannya.

"Ada beberapa kesalahan politik Morsi. Yang pertama, dekrit yang dikeluarkan Morsi membuat rakyat Mesir marah," kata pengamat Timur Tengah Zuhari Misrawi kepada Liputan 6 SCTV, Kamis (4/7/2013).

Dekrit itu dianggap melampaui kewenangannya sebagai Presiden yang dipilih secara demokratis. "Kemudian berkaitan dengan konstitusi yang bersifat prematur, konstitusi yang dipaksakan," pungkas Zuhairi.

Hingga kini, belum diketahui dimana keberadaan Morsi. Namun melalui sebuah video yang diunggah ke situs YouTube, Morsi sempat muncul sejenak dan mengecam penggulingan ini.

Dia menilai apa yang menimpa dirinya merupakan upaya mematikan untuk merebut revolusi negara. Sementara itu, pasca-tergulingnya Morsi, sejumlah besar pendukungnya memilih bertahan di Lapangan Tahrir. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini