Sukses

Pesawat Latih TNI AU Jatuh, 1 Siswa Tewas

Siswa yang sudah siap `solo flight` itu memiliki jam terbang sekitar 15 kali terbang.

Pesawat terbang layang jenis Glider G 2101 jatuh di Landasan Udara (Lanud) Suryadarma, Desa Panggulun, Kecamatan Kali Jati, Subang, Jawa Barat. Pilot yang merupakan siswa latih atas nama Edmon Edwar Pele dinyatakan meninggal.

"Yang meninggal itu siswa. Dia sudah fase solo flight, sudah 15 kali terbang, " kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Supriyadi, kepada Liputan6.com, Kamis (4/7/2013).

Menurut Supriyadi, penyebab jatuhnya pesawat tanpa mesin ini diperkirakan karena kesalahan manusia atau human error. Namun untuk memastikannya, TNI AU akan membentuk tim investigasi untuk menyelidiki peristiwa ini.

"Bisa human error, bisa material, medianya. Masih memungkinkan hal-hal yang lain. Penyebab kecelakaan yang paling besar human error 70 persen," tuturnya.

Supriyadi menambahkan, kondisi cuaca saat penerbangan sangat bagus dan tidak bermasalah untuk terbang. Saat ini kondisi pesawat yang hancur itu sudah diamankan di lokasi kejadian. Pesawat belum bisa dievakuasi karena masih menunggu tim yang baru dibentuk untuk menyelidiki peristiwa ini.

"Tadi baru membentuk tim, dan belum bisa evakuasi karena harus mengukur tingkat kerusakan dan lingkungan sekitar," tutup Supriyadi. (Sul/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini