Sukses

Kuota Berkurang, 145 Calon Haji Bekasi Batal Berangkat

Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat sebanyak 145 calon haji batal diberangkatkan pada 2013 ini.

Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat sebanyak 145 calon haji batal diberangkatkan pada 2013 ini. Hal itu merupakan dampak dari pengurangan kuota haji 20 persen oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Semula, calon haji yang akan diberangkatkan dari Kota Bekasi sebanyak 1.997 orang. Tapi akibat pengurangan kuota, berkurang 145 orang," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Bekasi, Muzani, di Bekasi, Kamis (4/7/2013).

Menurut dia, calon haji yang gagal berangkat itu merupakan bagian dari 42 ribu calon haji lainnya yang juga bernasib sama di Indonesia. Kondisi itu terjadi akibat imbas pengurangan kuota jemaah haji dari Pemerintah Arab Saudi yang tengah memperbaiki Masjidil Haram pada tahun ini.

"145 calon haji yang gagal berangkat ini telah melunasi biaya pemberangkatan. Mereka akan kita ganti pemberangkatannya pada 2014 mendatang," ujar Muzani.

Secara terpisah, salah satu jamaah asal Kota Bekasi, Dedy (40), mengaku cemas masuk dalam daftar pembatalan pemberangkatan tersebut.

"Segala persiapan hingga manasik haji sudah saya lakukan. Bahkan, saya juga sudah memberitahukan keberangkatan ini kepada semua saudara saya," kata warga Bekasi Timur itu.

Ia pun meminta agar Kementerian Agama segera merilis nama-nama calon haji yang batal berangkat pada tahun 2013 agar tidak ada lagi kecemasan. (Ant/Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini