Sukses

Isu Gunung Bumi Telong Akan Meletus, BPBD Aceh: Tidak Benar!

Isu Gunung Bumi Telong Meletus membuat warga pengungsi gempa Aceh panik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Aceh Jarwansah, membantah isu Gunung Bumi Telong akan meletus dalam waktu dekat. Isu ini sempat membuat warga gelisah, pascagempa 6,2 skala Richter yang terjadi pada Selasa 2 Juli kemarin.

"Tidak benar bahwa Gunung Bumi Telong akan meletus. Kita sudah memberi tahu warga akan itu. Namun berkembangnya isu tersebut di telinga masyarakat, membuat mereka takut dan tidak berani masuk rumah," kata Jarwansah, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Akibat isu ini, tambah Jarwansah, banyak warga yang lebih memilih tetap tinggal di pengungsian dan tidak berani kembali ke rumah.

Jarwansah pun mengimbau agar warga jangan sampai terpancing dengan isu yang belum diketahui kebenarannya.  "Jadi saya minta warga tenang. Dan jangan mudah percaya terhadap isu yang mengatakan Gunung Bumi Telong akan meletus. Itu tidak benar," imbuh Jarwansah.

Dalam keterangannya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, aktifitas Gunung Bumi Telong tergolong normal jika dilihat dari aktifitas gempa vulkanik dan tektoniknya.

"Tergolong normal dengan berada pada titik aktif segmen. Dengan perbandingan gempa vulkanik dan gempa tektonik yang terjadi selama 2 hari sejak kemarin. Tanggal 2 juli kemarin, dari datanya terjadi 85 gempa Vulkanik dalam, 71 gempa vulkanik dangkal dan 73 gempa tektonik," kata Sutopo. (Sul/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.