Sukses

6.500 Korban Gempa Aceh Mengungsi di 35 Lokasi

Pascagempa bumi berkekuatan 6,2 SR yang menghantam Aceh, kini masyarakat lebih memilih tinggal di tempat pengungsian.

Pascagempa bumi berkekuatan 6,2 SR pada Selasa 2 Juli lalu yang menghantam Aceh, kini masyarakat lebih memilih tinggal di tempat pengungsian. Lokasi pengungsian telah disediakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), khususnya di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Menurut Kepala BPBD Provinsi Aceh, Jarwansah hingga saat ini korban gempa masih bertahan di titik-titik pengungsian. Jumlah pengungsi kini berjumlah 6.500 orang.

"Pengungsi tercatat hingga kini sudah mencapai 6.500 orang yang bertahan di titik pengungsian pada 2 daerah. Yakni 1.500 orang di Kabupaten Bener Meriah dan 5.000 orang di Aceh Tengah," kata Jarwansah saat dihubungi, Kamis (4/7/2013).

Untuk titik-titik pengungsian, lanjut dia, bagi para pengungsi di Kabupaten Bener Meriah tersedia 15 titik pengungsian. Sedangkan untuk Aceh Tengah disediakan 20 titik pengungsian.

"Ada 35 titik pengungsian untuk korban. 15 titik di Kabupaten Bener Meriah dan 20 titik di Aceh Tengah yang bisa digunakan para korban bencana," imbuhnya.

Sementara itu, posko resmi bantuan kepada para korban bencana juga disediakan di setiap kabupaten lain yang tidak terkena gempa. "Posko-posko resmi bantuan juga siap melayani korban yang terletak di setiap kabupaten, hingga kabupaten yang tidak terkena dampak dari gempa ini," tutur Jarwansah. (Frd/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Aceh