Sukses

Penyandang Cacat Sulit Masuk Bus Transjakarta, Jokowi Bingung

Jokowi membantu penyandang disabilitas yang kesulitan masih ke dalam bus Transjakarta dari halte.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi sekitar pukul 08.45 WIB tiba di Halte Transjakarta Balaikota, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Jokowi sedang blusukan dengan sekitar 20 penyandang cacat di halte bus Transjakarta.

Blusukan ini juga untuk mengetahui sejauh mana fasilitas publik yang mendukung aktivitas penyandang disabilitas. Pantauan Liputan6.com Jokowi dan para penyandang disabilitas sudah berada di Halte bus Transjakarta Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2013) pagi.

Bus Transjakarta pun datang. Rombongan dan Jokowi pun bersiap masuk. Tiba-tiba, ketika akan masuk ke dalam bus Transjakarta, penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda mengalami kesulitan.

Kesulitan terlihat karena jarak antara pinggiran halte dengan pintu bus cukup jauh. Jokowi pun membantu dengan memegang kursi roda. "Tunggu, tunggu, saya mau tahu dulu kalau begini bagaimana caranya masuk ke busway," ujar Jokowi.

Kursi roda pun dengan susah payah diangkat untuk bisa masuk ke dalam bus. Akhirnya Jokowi dan beberapa penyandang disabilitas dapat memasuki bus Transjakarta.

Tidak hanya itu. Kondisi di dalam bus cukup padat dan berdesak-desakan. Bahkan beberapa penyandang disabilitas dan pendamping sempat mengeluh.

"Gimana mau masuk? Udah banyak media di dalam," kata salah satu pendamping. "Susah masuk. (Kursi roda) Harus diangkat dulu," ujar salah satu penyandang disabilitas tubuh mengeluh. (Sul/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini