Sukses

Presiden Mesir Dikudeta, SBY: Ini Kejutkan Dunia

Presiden SBY mengaku telah mendapatkan laporan dari Duta Besar Indonesia untuk Mesir terkait situasi politik di negeri piramid itu.

Mohammed Morsi digulingkan oleh militer dari kursi Presiden Mesir. Presiden SBY mengaku telah mendapatkan laporan dari Duta Besar Indonesia untuk Mesir terkait situasi politik di negeri piramid itu.

"Jelang dini hari, Dubes kita Nurfaizi, melaporkan peristiwa yang dramatis di Mesir: penggulingan Presiden Morsi. Peristiwa ini kejutkan dunia, termasuk Indonesia. Kita berharap transisi demokrasi di Mesir bisa berlangsung baik dan damai," tulis Presiden SBY di akun twitternya @SBYudhoyono, Kamis (4/7/2013).

Kepada Dubes Nurfaizi, SBY telah menginstruksikan, bila situasi politik, sosial, dan keamanan memburuk, maka keamanan KBRI dan seluruh WNI harus dijaga. Termasuk kepada para mahasiswa Indonesia yang ada di Mesir.

"Kepada seluruh WNI, saya minta untuk hindari tempat-tempat berbahaya dan jangan libatkan diri dalam urusan domestik Mesir," imbau SBY.

Sebelumnya, Kepala militer Mesir Jenderal Abdul Fattah Al-Sisi mengumumkan pelengseran Morsi. Militer juga membekukan konstitusi Mesir. Ketua Mahkamah Konstitusi diminta menjalankan tugas-tugas kepresidenan hingga digelarnya pemilihan umum.

Tak hanya itu, militer Mesir juga menduduki stasiun televisi pemerintah. Setelah itu, militer menyerbu kantor berita Al Jazeera dan 3 stasiun televisi lain yang dinilai pro-Morsi. (Mut/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini