Sukses

[VIDEO] Ribuan Warga Datangi Lokasi Terparah Akibat Gempa Aceh

Selain mengunjungi sanak saudara yang terkena musibah, warga juga datang hanya untuk melihat-lihat bangunan yang roboh.

Ribuan warga Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah mendatangi lokasi gempa terperparah di Blang Mancung, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah. Selain mengunjungi sanak saudara yang terkena musibah, warga juga datang hanya untuk melihat-lihat bangunan yang roboh.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Kamis dini hari (4/7/2013), ribuan warga tersebut mendatangi lokasi akibat gempa dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Akibatnya, jalan yang menghubungkan Kecamatan Ketol terlihat sesak, terlebih kondisi jalan menang relatif kecil.

Sebagian warga yang terkena bencana ini terlihat menyelamatkan harta benda mareka yang masih dapat digunakan. Dibantu tetangga atau kerabat, mareka menyelamatkan sisa-sisa harta benda mareka dari puing-puing reruntuhan.

Sementara korban gempa yang rumahnya hancur atau rusak berat, hingga kini masih bertahan di tenda-tenda darurat yang dipasang di halaman rumah mareka. Para korban gempa Aceh mengeluhkan kekurangan bahan makanan dan tenda-tenda darurat.

Pemerintah dan pihak terkait juga mulai membuka posko penanggulan bencana gempa. Salah satu posko tersebut didirikan di halaman masjid besar Kecamatan Ketol. Masjid itu kini telah rata dengan tanah.

Dalam reruntuhan masjid tersebut, sebelumnya sempat diduga ada 4 warga yang tertimbun. Namun dugaan itu tak terbukti karena warga yang diduga terjebak dalam masjid telah kembali.

Meski demikian, sebuah alat berat jenis Becko telah didatangkan  ke lokasi bencana untuk membantu memindahkan reruntuhan bangunan. Selain itu, bantuan bahan makanan dan minuman juga mulai terlihat berdatangan. Sejumlah personel TNI dan polisi pun mulai diterjunkan ke lokasi gempa. (Ali/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini