Sukses

[VIDEO] Tangis Pedagang Warnai Penertiban Kios Stasiun Gondangdia

Meski sempat diwarnai penolakan pedagang, pembongkaran toko di bawah jembatan rel kereta Stasiun Gondangdia, Jakpus akhirnya dilakukan.

Meski sempat diwarnai penolakan pedagang, pembongkaran toko di bawah jembatan rel kereta Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat, akhirnya dilaksanakan. Tangis dari para pedagang pun pecah mewarnai penertiban puluhan pertokoan pada Rabu pagi, 3 Juli 2013.

Penolakan mereka tak berarti karena pembongkaran kios-kios yang sudah digunakan puluhan tahun itu merupakan kebijakan PT KAI. Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Kamis dina hari (4/7/2013), memberitakan, rencananya lahan bekas kios ini akan dialihfungsikan menjadi perkantoran.

Setelah Stasiun Gondangdia, pembongkaran kios juga akan dilakukan di kolong jembatan Stasiun Cikini, Jakarta Pusat.

Pada Selasa malam 2 Juli lalu, pembongkaran kios juga dilakukan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Satu per satu lapak milik pedagang kaki lima di Jalan Fachruddin dan Jati Bunder ini dirobohkan.

Penertiban ini dilakukan karena keberadaannya selama ini menimbulkan kemacetan. Terlebih lapak-lapak ini berdiri di badan jalan. Menjelang bulan Ramadan dan lebaran, jalan ini sengaja disterilkan.

Penertiban kemudian dilanjutkan dengan menggusur lapak yang berada di Blok G Pasar Tanah Abang. Sejumlah gerobak yang berada di atas trotoar pun turut dibersihkan. Bahkan alat berat dikerahkan untuk merobohkan kayu milik pedagang. Penertiban ini sengaja dilakukan pada malam hari untuk mencegah kericuhan antara pedagang dengan petugas.

Selanjutnya petugas Satpol PP akan dikerahkan untuk melakukan penjagaan agar tak ada lagi pedagang kaki lima yang kembali mendirikan lapak. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini