Sukses

Jokowi: Abang-None Harus Siap Bawa Jakarta Go International

Menurut Jokowi, acara semacam ini berpotensi untuk menumbuhkan semangat generasi muda Jakarta untuk berkontribusi dalam pembangunan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghadiri malam final Pemilihan Abang dan None Jakarta 2013. Pria yang biasa disapa Jokowi itu berharap siapapun yang terpilih sebagai Abang-None mampu mempromosikan pariwisata Jakarta ke luar negeri. Sehingga objek-objek pariwisata Ibukota mampu go international.

"Kepada para finalis, saya ucapkan selamat mengikuti Final Pemilihan Abang dan None Jakarta 2013, disertai harapan siap berperan sebagai Duta Pariwisata dan Budaya Jakarta ke kancah nasional dan internasional," ujar Jokowi di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Rabu (3/7/2013).

"Event ini penting, selain sebagai sarana pelestarian seni budaya Betawi,  atraksi wisata unggulan menarik ditunggu masyarakat dan wisatawan," imbuhnya.

Menurut mantan Walikota Solo itu, acara semacam ini berpotensi menumbuhkan semangat generasi muda Jakarta untuk turut berkontribusi dalam pembangunan. Karena itu, dengan lokasi acara di lapangan terbuka Monas, masyarakat dapat hadir dan mengetahui proses pemilihan Abang-None Jakarta.

Malam final Abang-None DKI Jakarta ini digelar Rabu malam di lapangan plaza timur Monumen Nasional (Monas) dengan menelan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar. Sejumlah artis Ibukota, seperti Cherrybelle dan Bunga Citra Lestari siap menyemarakkan acara tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budiman, selain mengandalkan dana APBD, prosesi pemilihan Abang-None juga didukung dana sponsor. Baik itu dari swasta ataupun BUMD. "Selain APBD, untuk hadiah, penataan panggung, kita juga menerima CSR dari sponsor. Ada dari Bank DKI, Jakarta Monorel, sama dari Ancol," kata dia pada Selasa 2 Juli kemarin.

Arie juga menjelaskan pelaksanaan pemilihan Abang-None ini merupakan kali pertama yang digelar di kawasan Monas. Ajang ini juga pernah digelar di area outdoor di Taman Fatahillah dan pelataran JIExpo kemayoran.

"Itu pernah. Tapi Monas baru pertama kali dan kelihatannya memang bagus, karena temanya Pasar Gambir," kata Arie. (Ndy/Ali).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini