Sukses

Aceh Gempa, Dana Rp 40 Miliar Siap Dikucurkan

Sebanyak 1.524 personel TNI/Polri juga sudah siap diterbangkan ke Kabupaten Bener Meriah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengucurkan dana siap pakai sebesar Rp 40 miliar dalam upaya penanggulangan gempa bumi 6,2 skala Richter yang terjadi di kabupaten Benermeriah, Aceh pada Selasa 2 Juli 2013.

"BNPB sudah menyiapkan dana siap pakai untuk penanggulangan semua bencana se-Indonesia itu sebesar Rp 200 Miliar dari Rp 1 triliun yang diajukan ke DPR. Nah, untuk gempa bumi Aceh ini sebesar Rp 40 Miliar telah disiapkan oleh BNPB," kata Kepala Informasi Data Pusat dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di kantor BNPB, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2013).

"Tercatat Kemenkokesra, Kementerian Sosial, Kementerian PU serta Basarnas sudah memberikan bantuannya. Sementara itu AHA Centre juga siap membantu tinggal menunggu Assesment ASEAN, namun hingga kini kita masih bisa menanganinya," tegas Sutopo.

Sutopo menambahkan, sebanyak 1.524 personel TNI/Polri juga sudah siap diterbangkan ke Kabupaten Benermeriah dalam penanganan masa tanggap darurat hingga 9 Juli mendatang.

"Semuanya sudah siap. Personel TNI/Polri siap kapan saja diterbangkan ke Kabupaten Benermeriah, Aceh Tengah," ujarnya.

Gempa 6,2 skala Richter terjadi di Kabupaten Benermeriah, Aceh. Sebanyak 22 orang tewas dan 175 warga luka akibat gempa yang terjadi pada Selasa 2 Juli pukul 14.37 WIB itu. (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Aceh

Video Terkini