Sukses

Momentum Belum Tepat, PDIP Masih Tahan Deklarasi Capres

Ketua DPP PDIP, Maruarar Sirait menyatakan partainya tidak akan terburu-buru mendeklarasikan capres.

Partai Hanura telah mendeklarasikan Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo sebagai capres dan cawapres. Namun, Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait menyatakan partainya tidak akan terburu-buru mendeklarasikan capres seperti Partai Hanura.

"Saya pastikan PDIP tidak akan deklarasi dalam waktu dekat ini," kata politisi yang akrab disapa Ara ketika dihubungi di Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Ara mengatakan, PDIP masih menunggu momentum yang tepat untuk mengumumkan capresnya. Tingginya survei elektabilitas PDIP dan Megawati Seokarnoputri, lanjut dia, bukan alasan untuk segera menentukan capres.

"Saat ini bukan momentum yang tepat," ujarnya.

Menurut Ara, deklarasi capres-cawapres mesti mempertimbangkan berbagai aspek. Ara mencontohkan, pentingnya partai politik memperhatikan aspek aspirasi publik, mekanisme, strategi, dan momentum pencapresan.

"Momentum pencapresan tidak tepat dilakukan dalam waktu dekat ini," imbuhnya.

Setelah pengukuhan Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo sebagai capres dan cawapres dari Partai Hanura. Partai Golkar mengimbau agar partai-partai politik lainnya segera mendeklarasikan pasangan calon pemimpin negara. Hal itu disampaikan oleh Ketua DPP Partai Golkar, Hajriyanto Y Tohari. Menurut Golkar, hak itu akan memperkaya pilihan rakyat.

Hajriyanto menuturkan, rakyat memang perlu diberikan banyak alternatif capres sehingga mempunyai banyak pilihan. Sehingga, Golkar mengajukan appeal kepada parpol-parpol untuk segera mendeklarasikan capres-capresnya agar rakyat dapat memiliki cukup alternatif. (Frd/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini