Sukses

Pencurian dan Penambahan Daya Listrik Marak di Tambora

Penyebab terjadinya kebakaran lebih dominan diakibatkan hubungan pendek arus listrik.

Kawasan Tambora, Jakarta Barat, merupakan daerah paling rawan kebakaran. Penyebab terjadinya kebakaran banyak diakibatkan oleh hubungan pendek arus listrik.

"Satu semester tahun ini ada 112 peristiwa kebakaran di Jakarta Barat. Paling banyak di Tambora dengan jumlah 24 peristiwa kebakaran yang rata-rata disebabkan oleh arus pendek listrik," kata Kepala Seksi Operasional Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Suku Dinas Jakarta Barat, Sutarno, Rabu (3/7/2013)

Berdasarkan hasil sweeping instalasi listrik di 11 kelurahan pagi tadi, petugas dari Kecamatan Tambora banyak menemukan pelanggaran pemasangan listrik dan perlengkapan yang tak sesuai. Tak hanya itu, juga banyak menemukan warga yang melakukan pencurian atau penambahan daya listrik yang tak sesuai meter aslinya.

"Para warga itu yang kedapatan melanggar, nantinya akan dikenakan sanksi dari petugas PLN," tambahnya.

Sebanyak 300 petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP, dan Petugas PLN, melakukan sweeping listrik secara serentak di 11 kelurahan yang ada di Tambora, Jakarta Barat, pada hari ini.

Sweeping dilakukan oleh Kecamatan Tambora lantaran banyaknya musibah kebakaran yang terjadi di wilayah padat penduduk tersebut. (Ali/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini