Sukses

[VIDEO] Bantu Korban Gempa, Mahasiswa Aceh Galang Dana di Medan

Para mahasiswa Aceh di Universitas Sumatera Utara menggalang dana di sejumlah ruas jalan di kota Medan.

Puluhan mahasiswa asal Aceh di Universitas Sumatera Utara menggalang dana bantuan untuk korban gempa bumi di Aceh. Mereka bergerak di sejumlah ruas jalan di kota Medan.  

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Rabu (3/7/2013), sebagian mahasiswa ini mengaku belum dapat berkomunikasi dengan keluarga maupun kerabat mereka pascagempa 6,2 SR yang terjadi pada Selasa 2 Juli sore. Para mahasiswa juga rencananya akan mengirim relawan ke lokasi gempa.

Setidaknya 13 gempa susulan masih kembali mengguncang Aceh. Akibat gempa yang berpusat di Benermeriah, Aceh itu, 22 orang dinyatakan tewas. Korban berjatuhan akibat terkena reruntuhan bangunan dan longsoran tanah.

BNPB mencatat gempa menyebabkan sekitar 1.500 unit bangunan rusak berat dan ringan. Hingga kini, masyarakat belum bisa kembali ke rumah lantaran tempat tinggal mereka roboh, rusak, dan juga ketakutan terjadi gempa susulan.

Pemerintahan daerah setempat menetapkan 5 titik pengungsian sementara. Masing-masing berada di Kampung Kolemparacanis, Kampung Kecal, Lampahan, Bandar Lampahan, dan Serbajadi.

Sementara upaya pencarian korban kembali dilanjutkan hari ini. Kini kebutuhan mendesak bagi korban gempa adalah sembako, pakaian, peralatan dapur, dan alat berat untuk membersihkan longsor dan evakuasi korban. (Ali/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini