Sukses

Musnahkan Narkoba Rp 150 M, Polda Metro Berharap yang Terakhir

Barang bukti berbagai jenis narkoba senilai Rp 150 miliar dimusnahkan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya beserta polres jajarannya.

Barang bukti berbagai jenis narkoba senilai Rp 150 miliar dimusnahkan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya beserta polres jajarannya, di tempat pembakaran sampah dan dokumen (garbage plant) di Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang.

Meski mengakui adanya peningkatan jumlah kasus yang diungkap, tersangka maupun barang bukti yang di sita setiap tahunnya, Polda Metro Jaya berharap pemusnahan barang bukti ini menjadi yang terakhir dilakukan.

"Sebaiknya ke depan tidak ada lagi. Cukup banyak yang hari ini dimusnahkan. Ada barang bukti yang harganya 1 kilogram dihargai 1 juta oleh pengedar, cukup mahal," kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Sudjarno di lokasi pemusnahan, Rabu (3/7/2013).

Sudjarno juga mengatakan, pemusnahan yang dilakukan ini berasal dari pengungkapan 38 kasus dalam operasi berantas narkoba selama Mei hingga Juni 2013.

"Tersangka 47 semuanya hadir. Mereka semua berasal dari jaringan narkoba internasional dan lokal. Banyak yang di luar hukum wilayah Polda Metro Jaya seperti pengedar jaringan dari Medan, Aceh, sampai Bali dengan berbagai modus," ungkapnya.

Demi terciptanya Indonesia Bebas Narkoba pada tahun 2015 nanti, pihaknya terus mengupayakan kerja sama dengan berbagai stakeholder baik lembaga-lembaga resmi hingga masyarakat sipil. "Setiap saat koordinasi kerja sama pasti ada," ujarnya. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.