Sukses

Hakim Setyabudi Peragakan 107 Adegan Suap

Rekonstruksi berlanjut ke lokasi lainnya, yakni di Kafe Bali, Hotel Grand Serella dan Pengadilan Tinggi Jabar, serta rumah dinas Setyabudi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan rekonstruksi kasus penyuapan terhadap Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bandung Setyabudi Tedjocahyono. Rekonstruksi dilakukan di ruang kerja Setyabudi.

4 Tersangka kasus suap yakni Hakim Setyabudi, Toto Hutagalung, Asep Triyana, dan Herry Nurhayat langsung memeragakan adegan proses penyuapan di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/7/2013).

Informasi yang dikumpulkan Liputan6.com, para tersangka harus melakukan sebanyak 107 adegan proses penyuapan. Salah satu adegan adalah tersangka Asep Triyana selaku sopir dari Toto Hutagalung, memeragakan proses diserahkannya uang dari Toto kepada Setyabudi.

Di mobil pengganti yang disiapkan KPK, Asep melakukan adegan saat akan diantarkannya uang ke hakim Setyabudi. Uang itu disimpan Asep di bawah stir mobil tersebut.

Proses reka ulang berlanjut ke lokasi lainnya, yakni di Kafe Bali, Hotel Grand Serella dan Kantor Pengadilan Tinggi Jabar, serta rumah dinas Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bandung.

KPK telah menjerat 6 orang dalam kasus suap ini. Selain 4 tersangka yang saat ini sedang melakukan rekonstruksi, KPK juga telah menetapkan Walikota Bandung Dada Rosada dan mantan Sekretaris Daerah Bandung Edi Siswadi sebagai tersangka.

Hakim Setyabudi diduga disuap terkait dengan perkara korupsi bansos Bandung yang sedang ditanganinya. Perkara tersebut diduga juga menjerat Dada Rosada. (Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini