Sukses

Tak Ada Gempa Sejak Ratusan Tahun Lalu di Benermeriah Aceh

Di lokasi gempa Benermeriah, Aceh, tidak pernah terjadi gempa sejak ratusan tahun lalu.

Lokasi 3 gempa yang mengguncang Kabupaten Benermeriah, Aceh, ternyata tidak pernah diguncang gempa sejak ratusan tahun lalu. Ini merupakan gempa pertamakalinya di lokasi yang merupakan bagian dari Patahan Sumatera itu.

"Ratusan tahun lalu sudah tidak ada gempa di situ," kata Pakar Gempa Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Danny Hilman Natawidjaja dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Rabu (3/7/2013).

Akibat tidak adanya gempa dalam rentang waktu yang cukup lama di lokasi itu, maka daratan yang berada di titik tersebut akan terus terkena gempa.

Dampak lain, Danny memprediksi, bila terjadi lagi gempa di lokasi itu maka kemungkinan akan timbul dengan energi yang cukup tinggi. "Energi gempa di lokasi itu sudah bertekanan tinggi." imbuh Danny.

Tidak menutup kemungkinan, gempa akan terjadi lagi di dataran ini. Namun tidak ada satupun penelitian yang bisa memastikan kapan gempa terjadi. "Tapi pasti akan terjadi lagi." tutup Danny.

Tanah Rencong diguncang 3 kali gempa. Kabupaten Benermeriah diguncang gempa sekitar pukul 14.37 WIB kemarin. Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter terjadi di kedalaman 10 km.

Gempa kedua berkekuatan 5,5 skala Richter pada pukul 20.55 WIB, disusul kembali pada pukul 22.36 WIB dengan kekuatan 5,3 skala Richter di lokasi dan kedalaman yang sama. Akibat gempa itu dilaporkan 22 orang meninggal dan 210 luka-luka dan ribuan bangunan serta rumah rusak.(Sul/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini