Sukses

Tanah Rencong Diguncang 3 Gempa, SBY: Doa Kita untuk Rakyat Aceh

Sepanjang Selasa 2 Juli kemarin, Aceh diguncang gempa sebanyak 3 kali. Presiden SBY pun mengajak rakyat Indonesia mendoakan para korban.

Sepanjang Selasa 2 Juli kemarin, Aceh diguncang gempa sebanyak 3 kali. Presiden SBY pun mengajak rakyat Indonesia mendoakan rakyat Aceh yang menjadi korban.

"Doa kita utk rakyat Aceh. Kemarin saya sudah instruksikan BNPB & aparat terkait utk laksanakan upaya penyelamatan thd korban gempa. *SBY*," tulis Presiden SBY di akun twitternya @SBYudhoyono, Rabu (3/7/2013).

SBY juga mengungkapkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memberikan bantuan kepada korban dan pengungsi. Bahkan, 1 helikopter milik TNI AU yang sebelumnya digunakan untuk operasi asap di Pekanbaru sudah dialihkan sebagai bantuan untuk menanggulangi gempa Aceh.

Gempa yang mengguncang Aceh, pertama terjadi pada Selasa pukul 14.37 WIB. Kedalaman gempa berkekuatan 6,2 skala Richter itu cukup dangkal yakni 10 km.

Lokasi gempa berada di 4,70 Lintang Utara dan 96,61 Bujur Timur. Tepatnya, ada di 35 km Barat Daya Kabupaten Benermeriah, Aceh.

Gempa kedua berkekuatan 5,5 skala Richter pada pukul 20.55 WIB, disusul kembali pada pukul 22.36 WIB dengan kekuatan 5,3 skala Richter di lokasi dan kedalaman yang sama.

Akibat gempa itu dilaporkan 22 orang meninggal dan 210 luka-luka dan ribuan bangunan serta rumah rusak. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.