Sukses

Evakuasi Korban Gempa Aceh Dilanjutkan Hari Ini

Proses evakuasi pada Selasa malam mengalami hambatan karena hujan lebat.

Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter (SR) mengguncang Aceh Tengah. Korban meninggal hingga kini berjumlah 22 orang, sementara 210 orang lainnya luka-luka.

Proses evakuasi pada Selasa malam mengalami hambatan karena hujan lebat. Sehingga terpaksa dihentikan dan dilanjutkan pada Rabu (3/7/2013).

"Evakuasi dilanjutkan besok," kata Komandan Distrk Kabupaten Aceh Tengah Letkol Lalu Hadipurrahman.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, lembaganya mengirimkan 1 helikopter Collibri TNI, AU dari Pekanbaru ke Aceh untuk membantu penanganan gempa, khususnya di perbatasan antara Benermeriah dan Aceh Tengah.

"Saat ini tim BNPB, SRC PB, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan dan Kementerian PU berada di Benermeriah melakukan koordinasi dan kaji cepat," sebutnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Gempa yang mengguncang Aceh, pertama terjadi pada Selasa pukul 14.37 WIB. Kedalam gempa berkekuatan 6,2 skala Richter itu cukup dangkal yakni 10 km.

Lokasi gempa berada di 4,70 Lintang Utara dan 96,61 Bujur Timur. Tepatnya, ada di 35 km Barat Daya Kabupaten Benermeriah, Aceh. Gempa kedua berkekuatan 5,5 skala Richter pada pukul 20.55 WIB, disusul kembali pada pukul 22.36 WIB dengan kekuatan 5,3 skala Richter di lokasi dan kedalaman yang sama. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Aceh