Sukses

RSKO: Novi Amilia Mengidap Gangguan Jiwa Kronis

Novi Amilia bisa tertidur pulas di RSKO Cibubur, Jakarta Timur.

Novi Amilia bisa tertidur pulas di RS Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. Sementara itu, perawatan intensif masih harus dijalaninya. Model majalah pria dewasa ini diketahui mengidap penyakit gangguan kejiwaan.

"Bahasa medis yang dialami Novi itu chronic relaption disease. Itu gampangnya gangguan kejiwaan kronis," ungkap Dirut RSKO Cibubur Laurentius Panggabean di kantornya, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Laurentius masih belum bisa memastikan seberapa berat gangguan kejiwaan yang diderita Novi, termasuk dalam kategori ringan atau berat. Sehingga tak bisa dipastikan kapan Novi bisa keluar dari RSKO. Namun bila yang dialami Novi hanyalah gangguan jiwa ringan, maka 3 sampai 5 hari perawatan dirasa cukup.

"Kalau sudah berat, yang termasuk halusinasi itu, bisa sampai 2 minggu minimal," tuturnya.

"Aspek ketergantungan sulit sembuh. Pemakai bisa sembuh sampai bertahun-tahun, tapi suatu waktu bisa kembali karena tidak sengaja," kata Laurentius.

Novi pada Senin kemarin digelandang ke kantor polisi setelah membuang sebuah tas saat menumpang ojek. Selama naik ojek, perempuan yang juga tengah terlilit kasus kecelakaan lalu lintas itu terus bertingkah aneh. Tukang ojek yang curiga langsung membawanya ke Mapolsek Mampang. Setelah itu, model seksi ini dibawa ke Mapolres Jakarta Selatan.

Kepala Satuan Narkoba Polres Selatan Kompol Kusbiantoro menduga Novi berada di bawah pengaruh obat-obatan. Saat hendak diperiksa, keanehan Novi terus menjadi-jadi. Dia meronta-ronta dan berteriak-teriak. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini