Sukses

Hanura: Kader Usung Hary Tanoe Jadi Cawapres Wiranto

Partai Hanura menegaskan munculnya nama Wiranto-Hary Tanoe menjadi capres dan cawapres pada Pilpres 2014 merupakan aspirasi kader partai.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo didesak kader partai itu untuk menjadi cawapres mendampingi Ketua Umum Hanura Wiranto pada Pilpres 2014. Hal itu terungkap saat pembekalan calon anggota legislatif DPR dari Partai Hanura yang digelar sejak 30 Juni dan akan berakhir 2 Juli 2013.

"Yang kami tangkap dari aspirasi daerah memang seperti itu, rata-rata mereka menyebut kandidat dari internal partai yang akan disandingkan dengan Bapak Wiranto sebagai calon presiden. Dan suara tersebut makin mengerucut dalam forum ini," kata Ketua DPP Partai Hanura Syarifuddin Sudding dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (1/7/2013).

Dari banyak aspirasi yang disampaikan, lanjut Sudding, mayoritas menyebut nama bos MNC Group tersebut untuk menjadi cawapres. "Banyak sekali aspirasi yang masuk ke kami, terutama kader dari daerah Sulawesi Tengah yang mengusung nama Bapak Hary Tanoe untuk mendampingi Bapak Wiranto, sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Partai Hanura," tegas Sudding.

Terkait dengan munculnya aspirasi dari daerah itu, DPP Partai Hanura, menurut Sudding, menyerahkan sepenuhnya kepada yang bersangkutan untuk menjawab permintaan kader tersebut.

"Kalau pencapresan Pak Wiranto kan memang sudah diputuskan oleh partai sejak lama, dan beliau sudah menyatakan kesediaannya. Sedangkan Pak HT, kami mempersilakan kepada beliau sendiri untuk menjawab, karena hal tersebut menjadi hak beliau juga sebagai kader partai," kata Sudding.

Sudding juga menyampaikan bahwa aspirasi daerah untuk mencalonkan HT sebagai cawapres tidak melanggar mekanisme partai. "Justru sebaliknya, ketika ada calon yang diusung dari bawah dan muncul dari internal partai, hal tersebut merupakan langkah positif. Itu artinya kaderisasi partai berjalan dengan baik," paparnya.

Sudding yang juga anggota Komisi III DPR tersebut mengaku jika pasangan Wiranto-Hary Tanoe terwujud, itu akan menjadi pasangan yang ideal bagi Hanura maupun bangsa Indonesia.

"Karena Pak Wiranto yang berlatar belakang militer dan negarawan, akan didampingi oleh Pak HT yang seorang tokoh muda, pengusaha nasional, dan representasi dari pluralistiknya bangsa Indonesia," tutup Sudding. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini