Sukses

Pesan SBY untuk Polri

Jelang pergantian Kapolri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap Polri dapat menuntaskan reformasi birokrasi di internal Polri

Jelang pergantian Kapolri pada Agustus mendatang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap Polri dapat menuntaskan reformasi birokrasi di internal Polri. Salah satu yang pesan SBY: cegah terjadinya penyimpangan dan pelanggaran hukum di lingkungan Polri.

"Semua langkah itu penting untuk makin memperkokoh kepercayaan masyarakat terhadap jajaran kepolisian," ucap SBY dalam sambutan HUT ke-67 Bayangkara, Depok, Jawa Barat, Senin (1/7/2013).

SBY menginstruksikan agar menjunjung tinggi kode etik Polri dalam setiap pelaksanaan tugas. Terutama etika kepribadian, etika kelembagaan, etika kenegaraan maupun etika hubungan masyarakat yang dilandasi nilai pancasila, tribrata dan catur prasetya Polri. Caranya dengan memberikan pelayanan publik yang lebih responsif dan lebih profesional.

Ia juga berpesan agar Polri memaksimalkan pencegahan terhadap aksi-aksi kekerasan dan konflik komunal. Secara khusus, dalam penegakan hukum dilakukan secara cepat, tepat dan tuntas. Serta mencegah jatuhnya korban jiwa dari pihak manapun.

"Dengan respons yang cepat dan tepat akan menghilangkan tuduhan sejumlah kalangan bahwa Polri dan negara telah melakukan pembiaran. Lakukan tindakan hukum objektif, tranparan tanpa pandang bulu, serta akuntabel untuk menjamin kepastian hukum serta keadilan," tutur SBY.

Konflik Komunal

SBY juga menegaskan agar Polri berani menindak tegas kelompok-kelompok yang memaksakan hukumnya sendiri dengan melanggar hak-hak konstitusional.

"Beranilah bersikap tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku, dan yakinlah setiap masalah itu dapat dilokalisasi, diatasi dengan cepat agar tidak menjadi luas dan menjadi permasalahan nasional," imbuhnya.

SBY meminta Polri mampu meningkatkan kesiapsiagaan operasional untuk mengantisipasi perkembangan situasi secara cepat.

"Saya tidak ingin aparat kepolisian tidak berjaga dan tidak siap, baik dalam menangani konflik komunal, aksi kriminal maupun tindak anarkis," urainya.

Ia pun berpesan untuk tingkatkan terus kemampuan jajaran Polri dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai dalam setiap pelaksanaan tugas.

"Lengkapi pelaksanaan tugas dengan prosedur tepat yang jelas. Dan junjung tinggi kode etik kepolisian," pungkas SBY. (Sul/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini