Sukses

Ketum PKB dan Cagub Jatim Sambangi Makam Gus Dur di Jombang

Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar dan Calon Gubernur Jawa Timur dari PKB, Khofifah Indar Parawansa kunjungi makam Gus Dur.

Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar dan Calon Gubernur Jawa Timur dari PKB, Khofifah Indar Parawansa bersama sejumlah pengurus PKB menyambung spirit kemenangan Pilkada Jawa Timur 2013 dengan para pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Perjuangan mereka menjadi sumber inspirasi bagi kedua pemimpin itu.

Rombongan Muhaimin atau biasa dipanggil Cak Imin dan Khofifah tiba di makam pendiri NU Hadratusyaikh KH Hasyim Asy'ary yang bersebelahan dengan makam pendiri PKB KH Abdurahman Wahid di Kompleks Ponpes Tebuireng, Jombang.

"Ziarah ini dalam rangka doa jelang pelaksaan Pilkada Jatim. Semoga mendapat barokah pendiri NU dan pejuang NU karena perjuangan PKB adalah untuk meneruskan perjuangan ahlusunnah wal jamaah. Agar perjuangan Khofifah sebagai satu-satunya yang mewakili NU terasa lebih ringan," kata Sekjen DPP PKB Imam Nahrawi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (30/6/2013).

Sebelum melakukan ritual ziarah, Cak Imin dan Khofifah bersilaturahim dengan keluarga besar Ponpes Tebuireng yang diwakili KH Sholahudin Wahid. Tampak hadir pula Ketua LPP DPP PKB Saefullah Maksum, Ketua  DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar dan jajaran pengurus serta kader PKB lainnya.

Setelah doa dipanjatkan bersama, Cak Imin mengatakan, ziarah kubur ke makam para Maha Guru Nahdliyin bermakna penting. "Kita jadikan semangat Mbah Hasyim dan Gus Dur untuk menggerakkan spirit PKB agar mengantar Khofifah semakin optimis menang di Pilkada Jatim," jelas Cak Imin.

Khofifah yang juga Ketua Umum Muslimat NU mengamini, ziarahnya kali ini sebagai sowan jelang Pilkada Jatim 2013. "Kalau kita pamit sama Gus Dur, memang caranya seperti itu karena ruhnya Gus Dur masih hidup. Ini menjadi tawassul pertama, sopan santunnya begitu," terang Khofifah.

Bahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan di era Gus Dur ini mengaku selalu menghayati ketika memegang pusara Gus Dur. Khofifah mengatakan, kalau batinnya selalu membisik seorang penganut paham humanis terkubur di pusara tadi.

"Gus Dur lebih senang disebut humanis ketimbang pluralis. Janganlah menghilangkan nyawa seseorang. Itulah pesan yang saya tangkap dari pemikiran Gus Dur," tutur Khofifah.

Usai berziarah, rombongan PKB yang dikomandoi Cak Imin dan Khofifah akan menghadiri acara Harlah PKB ke-15 di alun-alun Jombang yang juga dihadiri Rhoma Irama dan Soneta Grup. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.