Sukses

[VIDEO] Libur Telah Tiba! Ayo Belajar Panen Kepiting Bakau

Untuk memanen kepiting bakau yang harus dilakukan pertama kali adalah menguras tambak. Kemudian kepiting ditangkap menggunakan seser.

Libur telah tiba! Daripada mengajak putra-putri tercinta untuk menghabiskan waktu liburnya di mal, lebih baik mengajak mereka jalani aktivitas yang lebih bermanfaat. Seperti misalnya ikut melakukan panen kepiting bakau di Demak, belajar pembibitan di Sumatera Barat, atu belajar menari di Garut bisa menjadi pilihan menarik.

Di pesisir pantai utara Desa Suradadi, Demak, Jawa Tengah, sentra peternak kepiting bakau berada. Untuk memanen kepiting bakau yang harus dilakukan pertama kali adalah menguras tambak. Kemudian kepiting ditangkap menggunakan alat yang disebut seser, seperti yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (30/6/2013).

Anak-anak di sana biasa membantu warga setiap kali kepiting bakau dipanen. Mengajak anak-anak memanen kepiting bertujuan agar mereka bisa menjadi penerus peternak kepiting bakau, ciri khas Kota Demak.

Sementara itu, di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, para siswa sekolah dasar mengisi liburan dengan belajar penghijauan. Di kebun pembibitan ini mereka diajari membuat bibit pohon, menyemai bibit hingga menanamnya di lahan kritis. Kegiatan yang digagas para pecinta lingkungan ini bertujuan untuk mengajak anak-anak agar lebih peduli pada alam.

Pilihan untuk mengisi liburan lainnya yakni belajar menari di Garut, Jawa Barat. Kita bisa mengenali budaya lokal di sana. Jadi tunggu apalagi? Anda bisa segera tentukan kegiatan positif apa untuk mengisi liburan bersama buah hati tercinta. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini