Sukses

[VIDEO] Liburan Seru di Surabaya, Bocah Jadi Pemadam Kebakaran

Anak-anak di Kudus atau Jawa Tengah berlatih memadamkan api dengan instruktur petugas pemadam kebakran.

Banyak cara dilakukan untuk mengisi liburan sekolah, di antaranya dengan berwisata atau bermain. Namun, berbeda dengan apa yang dilakukan anak-anak di Kudus atau Jawa Tengah. Selain bermain, mereka juga mendapatkan ilmu yang berharga, yaitu berlatih memadamkan api dengan instruktur langsung dari petugas pemadam kebakaran.

Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (30/6/2013), menayangkan, meskipun sudah dipandu petugas pemadam kebakaran, namun Bayu Satria, bocah berusia 9 tahun tidak bisa menyembunyikan rasa ketakutan di wajahnya. Setelah diberi petunjuk cara memadamkan api, Bayu memberanikan diri memadamkan kompor yang meledak.

Ini bukan kejadian yang sebenarnya, melainkan simulasi memadamkan api yang dilatih langsung dari petugas pemadam kebakaran khusus untuk mengisi liburan sekolah. Terdapat sekitar 120 anak anak usia sekolah dasar yang ikut terlibat dalam latihan memadamkan api. Mereka diajarkan cara mematikan api secara tradisonal, yaitu dengan karung yang terlebih dahulu dicelupkan ke dalam air. Karena masih basah, kain kemudian ditutupkan pada kompor dan beberapa menit kemudian api itupun padam.

Selain diberi pelatihan cara mematikan api secara tradisional, petugas pemadam kebakaran juga memberikan pelatihan bagaimana cara mematikan api besar, secara bergotong royong. Hingga mengevakuasi diri jika terjebak dalam kebakaran di dalam gedung. Anak anak sekolah dasar ini sangat gembira bisa mengisi liburan sekolah sambil mendapatkan ilmu.

Mereka kini mengaku paham bahayanya api dan tidak panik jika terjadi kebakaran. Anak anak ini mendapatkan pengalaman berharga yang tidak mereka dapatkan di sekolah formal. Setelah berlatih memadamkan api, ratusan anak kemudian mendapatkan hadiah  guyuran derasnya air dari selang mobil pemadam kebakaran. (Tya/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.