Sukses

[VIDEO] Singa Reog, Kesenian Tradisional Asal Sumedang

Bicara tentang Reog, hampir pasti orang akan langsung menghubungkannya dengan Ponorogo, sebuah kabupaten di Jawa Timur.

Bicara tentang Reog, hampir pasti orang akan langsung menghubungkannya dengan Ponorogo, sebuah kabupaten di Jawa Timur. Namun ternyata bukan hanya Ponorogo yang memiliki Reog. Sumedang, Jawa Barat juga memiliki kesenian tradisional sejenis, namanya Singa Reog.

Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (30/6/2013), menayangkan, para sesepuh adat di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, tengah melakukan ritual dengan melantunkan doa dan membakar kemenyan. Setelah ritual selesai, kesenian Singa Reog mulai dipentaskan.

Para peserta pertama menampilkan Tarian Sisingaan. Di sini beberapa penari mengelilingi tunggangan berupa singa. Boneka sisingaan tersebut kemudian dinaiki anak kecil, diiringi musik gamelan khas tanah Sunda. Penonton pun ikut menari.

Tiba-tiba sejumlah penari kesurupan. Namun kejadian magis itu tidak membuat warga takut. Mereka tahu, kesurupan adalah bagian dan ciri khas kesenian Singa Reog.

Kesenian Singa Reog ini ada sejak tahun 1970-an. Pada awalnya, Singa Reog biasanya ditampilkan dalam acara-acara tertentu seperti sunatan, pernikahan, ataupun syukuran.

Seiring perjalanan waktu, kesenian ini jarang dijumpai lagi. Masyarakat berharap kesenian asli tanah Sumedang ini tetap dilestarikan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.