Sukses

Jokowi dan Hatta Rajasa Hadiri MoU Monorail

Jokowi dan Hatta Rajasa hadiri penandatanganan perjanjian konsorsium monorail.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa menghadiri acara penandatanganan perjanjian keikutsertaan dalam konsorsium proyek Jakarta Monorail di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (29/6/2013).

Pantauan Liputan6.com, dengan mengenakan kemeja putih lengan pendek, Jokowi tiba bersama Hatta Rajasa di lokasi acara pada pukul 11.30 WIB.

Kedatangan Jokowi dan Hatta disambut oleh pemilik Ortuz Holding, Edward Suryadjaya dan Direktur Utama PT Jakarta Monorail Sukmawati Syukur. Selain Hatta dan Jokowi, acara tersebut juga dihadiri para perwakilan duta besar dari Cina, Thailand, Singapura, serta para pimpinan perusahaan mitra kerja PT Jakarta Monorail dan Ortus Holding.

Dalam acara tersebut, para mitra kerja PT Jakarta Monorail dan Ortus Holding satu persatu menandatangani perjanjian keikutsertaan dalam konsorsium proyek Jakarta Monorail dengan disaksikan Hatta Rajasa dan Jokowi.

Satu persatu para mitra kerja menandatangani perjanjian tersebut, diantaranya , BTS Bangkok Mass Transit System Public Compaany Ltd, Singapure Technologies Electronics Ltd, dan perusahaan CNR Changchun Railway Vehicle Co, Ltd yang merupakan perusahaan yang memproduksi rolling stock (kereta) monorel tersebut.

Sebelumnya pada, Rabu, (26/6/2013) di lapangan silang Monas, Jokowi mengumumkan kelanjutan pengerjaan proyek monorail rute dalam kota.

"Saya ingin menyampaikan bahwa pembangunan monorel di Jakarta oleh PT Jakarta Monorail sudah saya tanda tangani dan dapat dilanjutkan kembali," ujar Jokowi.

"Jadi saat ini MRT-nya sudah diteken, monorail sudah, tinggal tunggu jadinya kapan. Pelaksanaan pembangunannya terserah investor, besok pagi silakan, seminggu lagi silakan," imbuhnya.

Meski begitu, mantan Walikota Solo itu memberikan waktu 3 tahun untuk menyelesaikan pembangunan monorail ini. Dia berharap, monorail dapat segera meluncur di 2 rute di Jakarta, yakni Taman Anggrek-Kampung Melayu (blue line) dan rute Sudirman-Dukuh Atas hingga Pejompongan (green line). (Sul/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.