Sukses

Waspada, Lelang Jabatan Dimanfaatkan Penipu

Bendahara kecamatan maupun kelurahan diminta untuk berhati-hati dan waspada.

Momentum lelang lurah dan camat dijadikan celah oknum penipu. Caranya, menggunakan modus jabatan lurah baru dan menjadikan bendahara kelurahan sebagai target. Salah satu korbannya, Bendahara Kelurahan Manggarai bernama Indahsari.

"Mengaku lurah baru, menelepon minta transfer uang Rp 15 juta," kata Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan, Kompol Aswin di Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Polisi menuturkan, kepada penelepon, Indah mengatakan tidak bisa mentransfer karena untuk mengeluarkan uang dari kas kelurahan tetap harus ada persetujuan lurah lama.

Tak kunjung ditransfer, Indah kembali ditelepon oknum yang mengaku dari Biro Perekonomian Pemda DKI Jakarta. Menyampaikan hal senada, penelepon itu meminta uang dengan jumlah yang sama.

"Tidak lama kemudian, lurah Manggarai yang baru datang, dikroscek ternyata hal tersebut tidak benar. Ini juga terjadi di 2 kelurahan lain, di Setiabudi minta ditransfer Rp 20 juta dan Ragunan Rp 25 juta," ungkap Aswin.

Aswin mengimbau, diharapkan baik bendahara kecamatan maupun kelurahan untuk berhati-hati dan waspada terhadap berbagai bentuk penipuan bermodus tersebut.

"Juga untuk nomor telepon bendahara untuk dijaga agar tidak menjadi sasaran penipuan," ungkapnya. (Ein/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.