Sukses

Jakarnaval 2013, Dinas Pariwisata DKI: Ada Surprise...

Sebanyak 500 pelajar akan berpartisipasi dalam acara Jakarta Karnaval (Jakarnaval) 2013 yang akan diselenggarakan pada Minggu 28 Juni 2013.

Sebanyak 500 pelajar akan berpartisipasi dalam acara Jakarta Karnaval (Jakarnaval) 2013 yang akan diselenggarakan pada Minggu 28 Juni 2013. Untuk mempersiapkan acara itu, peserta melakukan gladi bersih di halaman Balai Kota DKI Jakarta.

"Gladinya dipersiapkan di sini, mereka akan gunakan kostum ondel-ondel yang mereka desain dan buat sendiri. Menariknya, bahan-bahan yang mereka buat itu dari bahan-bahan yang ramah lingkungan," ujar Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budiman di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, (28/6/2013).

Arie mengatakan, para siswa itu telah melakukan persiapan sejak 4 bulan lalu. Karnaval akan menampilkan berbagai tarian dan kostum yang berkaitan dengan ondel-ondel.

"Nanti mereka akan peragakan koreografi yang sudah latihan selama 4 bulan dan pokoknya masih ada surpirse-surprise lain yang akan kita saksikan pada 30 Juni nanti," katanya.

Selain menampilkan tarian dari para pelajar, juga akan ada pawai 32 kendaraan hias yang memeriahkan acara karnaval tersebut. " Tentu temanya juga khas budaya Betawi," ujar dia.

Tak hanya menampilkan budaya Betawi, lanjut Aire, Jakarnaval kali ini juga akan menampilkan budaya daerah lain. "Ada dari Kutai, Jember, Magelang, Subang. Mereka akan memamerkan kekayaan budaya masing-masing," katanya.

Sementara itu Gubernur Joko Widodo mengatakan, karnaval yang mengambil tema 'Keajaiban Ondel-ondel' itu bertujuan menampilkan ondel-ondel sebagai ikon Jakarta dalam versi kekinian.

"Ya masa Rio de Jeneiro dan Casadena bisa bikin sebuah karnaval yang terkenal. Jakarta lebih dari bisa. Karena materi-materinya itu lebih baik, kreativitas anak-anak mudanya sudah lebih baik, dan mereka ini buat sendiri lho. Tapi ada yang memandu," ujar Jokowi.

Ia juga mengatakan, dalam karnaval itu, Jokowi akan menunggangi kuda. (Ali/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini