Sukses

Malaysia Ingin Bantu Atasi Asap, Menteri LH: Kita Masih Bisa

Pemerintah Indonesia tetap mempertimbangkan penawaran bantuan dari Pemerintah Malaysia tersebut.

Keinginan pemerintah Malaysia untuk membantu memadamkan titik api di Riau yang menimbulkan asap hingga ke negeri jiran itu ditanggapi dingin pemerintah Indonesia. Pemerintah beralasan masih sanggup menanggulangi sendiri dampak dari kebakaran hutan tersebut.

"Mereka menawarkan bantuan, kita bilang, kita masih bisa melakukan itu dulu," tegas Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Menurut Balthasar, hal tersebut telah disampaikan langsung saat bertemu dengan Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Malaysia Datuk Seri G Palanivel pada 27 Juni 2013. "Pertama kita harus menggunakan sumber daya kita dulu yang sudah ada di lapangan. Kita masih mampu, kita selesaikan itu, kita selesaikan. Kalau tidak, ya baru (bantuan diterima)," ujarnya.

Intinya, kata Balthasar, Pemerintah Indonesia tetap mempertimbangkan penawaran bantuan dari Pemerintah Malaysia tersebut. "Dalam rakor kemarin sudah kita sampaikan pada Pak Menko, nanti dipertimbangkan kalau memang tak sanggup," jelasnya.

Balthasar juga mengungkapkan, Indonesia mengalami kerugian dari dampak kebakaran hutan dan lahan ini. Namun, berdasarkan informasi terakhir jumlah hotspot telah dapat dikendalikan secara signifikan dan situasi berangsur-angsur normal. "Pemerintah Indonesia juga melakukan penegakan hukum terkait kabut asap ini," kata Balthasar. (Ado/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.