Sukses

PKL di Pagelaran Ariah Monas Pakai Seragam dan Badge

Hanya PKL ber-KTP DKI saja yang dapat menjajakan dagangannya di sekitar acara pagelaran Ariah.

Pagelaran drama musikal bertajuk Ariah akan digelar di atas panggung raksasa di lapangan Silang Monas pada Jumat malam nanti. Warga pun akan berdatangan untuk menonton pagelaran drama kolosal tersebut, dan menjadi peruntungan bagi para PKL mengais rezeki.

Namun, agar keberadaan mereka lebih tertata dan memberi rasa nyaman bagi para pengunjung, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memberlakukan aturan bagai para PKL yang masuk kawasan Monas selama pagelaran tersebut berlangsung. Aturan tersebut berupa pemberian seragam khusus kepada PKL.

"Untuk bisa berdagang dan masuk ke Kawasan Monas nanti sore, pada pedagang harus memakai kaos seragam dan juga badge yang kita berikan," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Perdagangan DKI Ratnaningsih di Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Selain itu, menurut Ratna, tidak semua PKL dapat berdagang di kawasan tersebut. Hanya PKL ber-KTP DKI saja yang dapat menjajakan dagangannya di sekitar acara pagelaran tersebut.

"Jadi nanti kita khususkan untuk PKL yang merupakan warga DKI saja. Sehingga untuk mendapatkan kaos dan badge, harus menunjukkan KTP DKI," tegasnya.

Kaos seragam tersebut, lanjut Ratna, akan menjadi penanda bagi PKL selama berada di dalam area kawasan Monas. Mereka pun dibebaskan berdagang di dalam area Monas asal dapat menjaga ketertiban.

"Mereka juga harus tertib dan bisa diatur. Dan kalau acara sudah selesai, mereka tidak boleh lagi di dalam, kan ada PKL yang sudah permanen," jelasnya.

Ratna memperkirakan, nantinya akan ada sebanyak 500 lebih PKL yang akan mencoba peruntungan di sekitar areal pagelaran tersebut.

"PKL ini kan mereka nanti mobile di dalam, kalau kita masih terus mencari cara bagaimana bisa menata mereka," tandas Ratna. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.