Sukses

Siram Air ke Sosiolog UI, Munarman: Argumentasinya Tak Ilmiah

Menurut Munarman, seharusnya Tamrin Tomagola bisa memahami konteks diskusi yang sedang dibahas.

Juru bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman spontan menyiram segelas air ke wajah Guru Besar Sosiologi Universitas Indonesia Tamrin Amal Tomagola, saat diskusi siaran langsung di televisi. Apa alasan Munarman melakukan tindakan itu?

"Bacotnya Tamrin itu harus terukur, harus ilmiah," kata Munarman dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Jumat (28/6/2013). Peristiwa terjadi saat keduanya sedang berdebat tentang sweeping ormas jelang bulan Ramadan.

Menurut Munarman, seharusnya Tamrin Tomagola bisa memahami konteks diskusi yang sedang dibahas. Sebelum peristiwa terjadi, diskusi sedang membahas razia minuman keras yang dilakukan kaum ibu di Papua. Bukan oleh ormas.

Munarman menegaskan, argumen Tamrin Tomagola selalu keluar dari konteks razia minuman keras, yang bukan dilakukan ormas. Tetapi, kata Munarman, Tamrin Tomagola selalu bicara sweeping kerap dilakukan ormas-ormas.

"Bicaranya di luar konteks. Itu bukan seorang intelektual. Argumentasinya sama sekali tidak ilmiah dan selalu memotong omongan orang," jelas mantan Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia ini.

Namun, insiden itu tak membuat Tamrin emosi. "Saya kira saya tidak mau melayani preman. Saya tidak mau membalas dengan kekerasan juga," ujar Tamrin kepada Liputan6.com. "Walaupun saudara saya dari kampung bilang, 'Kenapa kamu nggak balas?' Tapi saya nggak mau. Nanti saya sama seperti preman," ucap Tamrin. (Ism/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini