Sukses

[VIDEO] Geger... Bayi Berkepala Dua Lahir di Cilacap

Bayi berkepala dua lahir di Cilacap, Jawa Tengah, membuat geger warga.

Bayi berkepala dua lahir di Cilacap, Jawa Tengah, membuat geger warga. Kejadian langka ini merupakaan yang ketiga di indonesia dan terjadi pada 1 dari 200 ribu kelahiran.

Tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat dini hari (28/6/2013) memberitakan, bayi berkepala dua berjenis kelamin pria ini lahir dari pasangan Usman dan Munjiah, warga Desa Purwosari, Kecamatan Wanareja, Cilacap.

Lahir sehat dengan panjang 46 sentimeter dan berat badan 4 koma 2 kilogram, bayi ini mempunyai kelainan yang dalam istilah medis disebut 'dicephalus parapagus on joined twins', yaitu kembar mulai dari kepala sampai leher.

Mereka bukan kembar siam karena hanya punya satu organ dalam termasuk kerongkongan, kaki, dan tangan sepasang. Sang ibu tidak tahu kalau anak yang dilahirkannya kembar, sedangkan suaminya terus menangis.

Menurut Direktur RS Duta Mulya, Tatang Mulyana, dokter yang merawatnya menyebutkan kelainan diduga karena faktor mutasi genetik. Saat pembelahan janin pada usia 2 pekan, proses pembelahan terganggu yang kemungkinan karena sang ibu mengonsumsi obat.

Kejadian ini dinilai sangat langka di Indonesia, dengan perbandingan satu per 200 ribu kelahiran. Bayi berkepala dua ini merupakan peristiwa yang ke tiga kali ada di Indonesia. Sebelumnya pernah terjadi pada 2009 dan 2012.

Bayi tersebut akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito Yogyakarta. Rumah Sakit Duta Mulya Majenang akan mengupayakan bayi itu mendapat pelayanan jaminan persalinan sehingga memperoleh perawatan intensif karena orang tuanya berasal dari keluarga tak mampu. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.