Sukses

Bencana Asap, 7 Provinsi Terancam Bernasib Sama Seperti Riau

"Saya sudah menyurati 7 provinsi untuk bersiap juga," kata Mendagri Gamawan Fauzi.

Kebakaran hutan yang menimbulkan kabut asap tebal diperkirakan tidak hanya terjadi di Provinsi Riau saja. Kejadian serupa juga berpotensi terjadi di 7 provinsi lainnya, sebab wilayah Indonesia segera memasuki puncak musim kemarau.

"Saya sudah menyurati 7 provinsi untuk bersiap juga, karena puncak kemarau itu Agustus dan September," jelas Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

7 Provinsi yang punya potensi besar mengalami kebakaran hutan itu adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sumatra Utara, Jambi, dan Sumatra Selatan.

"Ini bisa susulan, jadi saya surati. Hati-hati juga yang 7 ini, sekarang sudah diberi warning," ujarnya.

Kewaspadaan ini, tambah Gamawan, penting dilakukan agar apa yang terjadi di Riau tak terulang. "Jadi dicegah dari sekarang, jangan meluas dulu baru ada tindakan," pungkas Gamawan yang juga mantan Gubernur Sumatra Barat ini.

Saat ini, upaya pemadaman api di sejumlah titik di Riau masih dilakukan. Kabut asap tebal yang diakibatkan kebakaran hutan di Riau ini menyebar hingga ke Singapura dan Malaysia. Kedua negeri jiran itu pun mengeluh.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah meminta maaf kepada pemerintah Singapura dan Malaysia terkait kabut asap ini --meski akhirnya menuai banyak kritik. SBY menegaskan permintaan maaf itu bukan berarti Indonesia takut dengan Singapura dan Malaysia. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.