Sukses

Lurah Camat Lelang Jabatan Ditempatkan Sesuai Kondisi Wilayah

Sebanyak 415 lurah dan camat hasil seleksi dan promosi jabatan terbuka telah dilantik.

Sebanyak 415 lurah dan camat hasil seleksi dan promosi jabatan terbuka telah dilantik. Sebagian besar tetap menjadi lurah dan camat, namun mereka dipindahkan ke wilayah yang lain.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta I Made Karmayoga menyatakan, kebijakan tersebut diambil berdasarkan hasil tes seleksi yang disesuaikan dengan karakter wilayahnya. Dengan kata lain, lurah dan camat dipilih dan ditempatkan sesuai karakter dan kondisi wilayah.

"Acuannya hasil tes. Di hasil tes kan kelihatan karakternya, kemampuan, keunggulan orang itu di mana. Karakter seperti apa, disesuaikan dengan tipologi wilayahnya," ujar Made di Balaikota, Kamis (27/6/2013).

Dia mencontohkan, di daerah Menteng Jakarta Pusat membutuhkan lurah atau camat yang lemah lembut karena para pejabat tinggi sebagian besar menempati kawasan tersebut. Sedangkan, misalnya di Koja Jakarta Utara yang tipologi wilayahnya keras secara otomatis juga disesuaikan dengan camat dan lurah berkarakter keras.

"Ya harus memang orang yang karakternya sesuai dengan wilayahnya. Jadi karakter lurah camatnya disesuaikan. Tapi orang yang ada di level yang lulus itu. Nggak semua dan sembarangan kita pertimbangkan," tutup Made. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.