Sukses

[VIDEO] BMKG: Banjir di Musim Kemarau NTT Anomali Cuaca

Terjadinya anomali cuaca di Indonesia, diperkirakan akan berlangsug hingga Agustus 2013.

Banjir melanda wilayah Nusa Tenggara Timur, termasuk di perbatasan dengan Timor Leste. Sebanyak lima kabupaten di NTT dilaporkan dilanda banjir. Yakni, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu dan Kabupaten Malaka.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Kamis (27/6/2013), luapan air di Bulan Juni ini diperkirakan akibat anomali cuaca mengakibatkan peningkatan suhu di permukaan laut. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, anomali atau penyimpangan suhu permukaan laut di wilayah perairan Indonesia antara 0,5 sampai 2 derajat Celcius. Naik dari suhu rata-rata permukaan 28,5 sampai 29,5 derajat Celcius.

Ini mengakibatkan potensi penguapan yang lebih besar, sehingga terjadi peningkatan curah hujan di sepanjang pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, dan sebagian Maluku

Kepala Bidang Meteorologi dan Geofisika BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan, 8 persen luas wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau, namun sebagian daerah tersebut kembali mengalami curah hujan sejak pertengahan Mei.

Terjadinya anomali cuaca di Indonesia, diperkirakan akan berlangsug hingga Agustus 2013. (Dji/Ein)



 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • anomali cuaca

Video Terkini