Sukses

Besok Jokowi Lantik Camat dan Lurah Hasil `Lelang Jabatan`

Sebanyak 44 camat dan 267 lurah yang lolos seleksi akan dilantik di Balaikota.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi memastikan dirinya akan melantik 44 camat dan 267 lurah yang lulus seleksi dan promosi terbuka lurah dan camat, atau biasa disebut lelang jabatan, di Balaikota DKI Jakarta, pada Kamis, 27 Juni 2013.

"Iya besok dilantik jam 08.30, semuanya yang lulus lelang jabatan kemarin," ujar Jokowi di Balaikota, Rabu (26/6/2013).

Jokowi mengatakan, dirinya akan melantik dan mengambil sumpah para lurah dan camat itu secara bersamaan. "Ya pokoknya dilantik semuanya, jadi satu di sini (balaikota) semua," kata dia.

Ia mengatakan, ada sebagian PNS yang berposisi sebagai camat dan lurah yang dirotasi ke wilayah lain, dan yang tetap pada posisinya.

"Ada yang pindah ada yang tetap, ada yang baru juga. Kalau ditanya siapa saja ya saya ndak hafal, camat lurah itu kan banyak," ujar pria bernama lengkap Joko Widodo itu.

Sementara, Kepala Bagian Pengembangan BKD Chaidir menambahkan, total pejabat yang akan dilantik adalah 267 lurah dan 44 camat. Tidak semua camat dan lurah tersebut adalah orang baru. Untuk camat yang diganti posisinya sebanyak 13 orang, sedangkan lurah sebanyak 39 orang.

Hal tersebut merupakan hasil dari pembahasan bersama antara walikota dan gubernur setelah uji publik.

Namun, lurah dan camat yang tergeser itu tidak serta-merta dicopot, melainkan ditempatkan di posisi lain. "Kalau ini promosi, jangan diartikan mereka yang tergeser itu dicopot tapi hanya akan dipindah. Status eselon mereka tetap sama," jelas Chaidir.

Bagi camat serta lurah yang terpilih nanti, akan diberi waktu selama 6 bulan untuk dievaluasi. Bila kinerjanya selama 6 bulan dinilai tak sesuai harapan, maka posisi camat-lurah itu bisa saja digantikan dengan orang lain. (Ein/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini