Sukses

Caleg Hanura di Jabar II Dicoret KPU, Hary Tanoe Harap Dipulihkan

KPU mencoret seluruh caleg Partai Hanura di Dapil II Jabar karena tak memenuhi keterwakilan 30 persen caleg perempuan.

KPU mencoret seluruh caleg Partai Hanura di Dapil II Jawa Barat karena tidak memenuhi keterwakilan 30 persen caleg perempuan, akibat salah menempatkan nomor urut. Hanura telah melaporkan dan menyerahkan penyelesaian masalah tersebut kepada Bawaslu.

"Itu (tercoretnya semua caleg Hanura di Dapil II Jawa Barat) masalahnya sekarang masih di Bawaslu," kata Ketua Dewan Pertimbangan Hanura Hary Tanoesoedibjo, usai menjadi pembicara dalam seminar bertema 'Peran Media Televisi Mencerdaskan Pemilih dalam Pemilu 2014' di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2013).

CEO MNC Grup  itu berharap agar Bawaslu dapat mengembalikan caleg Hanura yang berada di Dapil tersebut. "Kami berharap bisa dipulihkan kembali, karena banyak calon yang potensial di sana, di Jabar II itu," ungkap Hary Tanoe.

Terlepas apakah pencoretan oleh KPU termasuk inkonstitusional atau tidak, Hary menyerahkan sepenuhnya pada keputusan Bawaslu. "Itu kan ada hukumnya, biarlah mereka (Bawaslu) nanti yang menentukan secara hukum," imbuhnya.

Sebelumnya, KPU mencoret seluruh caleg Partai Hanura di Dapil Jawa Barat II saat Daftar Caleg Sementara (DCS) diumumkan. "Di dalam surat kami nyatakan (maaf), tetapi secara lisan saya sudah bicarakan juga kan. Dan saya juga sudah kontak LO (penghubung) Partai Hanura. Saya ekspresikan mohon maaf akan kekeliruan ini, tetapi ini juga sesuatu yang harus kita terima bersama," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, Jumat 14 Juni lalu. (Frd/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini