Sukses

[VIDEO] Pendaftaran Siswa Baru di Jakarta Membingungkan

Mereka mengaku kurang paham persyaratan pendaftaran hingga harus beberapa kali datang ke sekolah untuk melengkapi berkas.

Puluhan ribu calon siswa baru SMP dan SMA Negeri se-Jakarta sudah dapat melihat hasil seleksi secara online petang nanti pukul 16.00 WIB. Para siswa yang tidak lolos di penerimaan jalur umum masih memiliki kesempatan di jalur lokal yang berbasis domisili.

Namun, sejumlah orangtua murid mengaku masih kebingungan mendaftarkan sistem penerimaan baru tahun ini, yang membuka 2 jalur penerimaan, umum dan lokal.

Pantauan Liputan 6 SCTV di Jakarta, Rabu (26/6/2013), hari terakhir verifikasi penerimaan calon siswa baru untuk SMP dan SMA di Jakarta akan ditutup pukul 14.00 WIB nanti. Penutupan dibarengi dengan pengumuman hasil seleksi yang dapat dilihat para calon siswa secara online.

Di hari terakhir ini, masih tampak sejumlah calon siswa didampingi orangtua melakukan pendaftaran langsung, seperti yang terjadi di SMAN 6 Jakarta. Rata-rata, mereka mengaku kurang paham persyaratan pendaftaran hingga harus beberapa kali datang ke sekolah untuk melengkapi berkas. Selain itu, mereka juga masih bingung dengan penerapan 2 jalur penerimaan siswa baru yaitu jalur umum dan jalur lokal.

"Ya ikutin aja kayak yang lain. Katanya ikutin yang umum dulu terus ikut yang lokal juga," kata wali murid, Ida di SMAN 6 Jakarta, Jakarta Selatan.

Masalah minimnya sosialisasi sistem baru itu dianggap menjadi kendala proses Penerimaan Siswa Baru atau PSB tahun ajaran ini.

"Mungkin kurangnya sosialisasi atau mungkin juga sudah disosialisasi, tapi orangtua murid kurang paham dengan sistem PSB tahun ini," kata Ketua Pendaftaran Siswa Baru SMAN 6 Thomas Magor.

Dijadwalkan pukul 16.00 WIB sore ini, hasil seleksi penerimaan siswa baru jalur umum dapat dilihat secara online. Bagi siswa yang tidak lolos jalur umum masih memiliki kesempatan berkompetisi di jalur lokal yang berbasis domisili atau tempat tinggal. Pendaftaran jalur lokal itu akan dilaksanakan pada 1-3 juli mendatang. (Adi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini