Sukses

Ditemukan 3 Planet `super Earth`, Bisa Dihuni Manusia?

Dalam laporan Badan Observasi Eropa Selatan (ESO), ilmuwan berhasil mengidentifikasi 3 planet baru yang mengelilingi sebuah bintang.

Ada berapa planet dalam sistem tata surya? Hingga kini yang telah diketahui dan masuk dalam mata pelajaran ada 9 planet, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto.

Tapi sebenarnya masih banyak planet-planet lain yang belum dikenali. Seperti penemuan terbaru. Ditemukan 3 planet 'super Earth' yang diduga dapat dihuni oleh manusia.

Dalam laporan yang diumumkan Badan Observasi Eropa Selatan (ESO) pada Selasa 25 Juni 2013 kemarin, ilmuwan berhasil mengidentifikasi 3 planet baru yang mengelilingi sebuah bintang yang disebut sebagai trio dunia.

Bintang terdekat bumi yang diberi nama Gliese 667C itu disebutkan memiliki 3 planet yang disebut sebagai 'super Earth' karena diduga sebagai zona yang bisa dihuni.

Di kawasan 3 planet tersebut, temperatur udaranya memungkinkan untuk tersedia cairan. Meski demikian, belum ada yang bisa memastikan seperti apa kondisinya.

Gliese 667C ini terletak 22 tahun cahaya dari Bumi. Para astronom menyebut mereka bisa melihatnya di langit di konstelasi Scorpius (Kalajengking).

"Kita telah menemukan sebuah bintang dengan banyak planet yang bisa menjadi zona layak huni," ujar astronom Universitas Washington Rory Barnes, seperti dimuat News.com.au, Rabu (26/6/2013).

Kajian 'super Earth'

Saat ini, tim astronom pimpinan Guillem Anglada-Escude dari Universitas Gottingen, Jerman, dan Mikko Tuomi, dari Universitas Hertfordshire, Inggris, mengkaji ulang sistem tata surya di tempat itu.

Para peneliti menggunakan teleskop 3,6 m di Observatorium Silla di Chile untuk menggali informasi lebih lanjut tentang planet tersebut.

"3 Planet tersebut memiliki massa berkisar antara 2,7 hingga 3,8 kali lebih besar dari Bumi. Periode orbit mereka adalah masing-masing 28, 39, dan 62 hari. Artinya mereka semua mengelilingi bintang lebih dekat dari permukaan Merkurius di sistem tata surya kita,'' kata astronom Mikko Tuomi kepada BBC.

Dugaan sementara, 3 planet ini bisa dihuni karena dugaan adanya bebatuan dan cairan. Namun belum diketahui apakah ada atmosfer untuk mendapatkan cadangan air di permukaan planet tersebut.

Namun dengan jarak yang teramat jauh, yani lebih dari 200 miliar km, sangat sulit untuk menentukan kemungkinan apakah kehidupan bisa berlangsung di kawasan tersebut.

Bagaimanapun para peneliti meyakini planet ini menjadi kandidat dunia baru yang bisa dihuni. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.