Sukses

Ahok Akan Ganti Nama Pintu-pintu Masuk Monas

Ahok ingin masyarakat yang berkunjung semakin mudah mengingat dari mana mereka masuk dan memarkirkan kendaraannya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan mengganti nama pintu-pintu masuk ke Monas. Tujuannya, agar masyarakat yang berkunjung semakin mudah mengingat dari mana mereka masuk dan memarkirkan kendaraannya.

"Selama ini kan kita selalu bilang 'Pintu Indosat', yang dekat Monas itu loh. Kami mau ganti nama dengan Pintu Thamrin. Kan tokohnya Betawi Muhammad Husni Thamrin," ujar Ahok di Balaikota Jakarta, Selasa (25/6/2013).

Pintu-pintu masuk Monas lainnya juga akan diganti. Di Silang Monas Barat Laut diganti dengan nama Pintu Istana. Pintu Silang Monas Tenggara menjadi Pintu Gambir. Sedangkan Pintu Silang Monas Timur Laut diganti menjadi Pintu Istiqlal.

Dengan pemberian nama pintu-pintu Monas sesuai dengan nama jalan di kawasan tersebut, maka diharapkan masyarakat lebih mudah mengingatnya ketika akan memarkir kendaraan. Rencananya, plang nama baru tersebut mulai ditempel saat perhelatan Drama Musikal Ariah di Silang Monas pada 28 hingga 30 Juni mendatang. Kemudian, akan diteruskan hingga masyarakat Jakarta terbiasa.

"Nanti waktu acara kami tempelin. Jadi semua nanti udah terbiasa dengan pintu-pintu seperti itu," kata Ahok.

Selain itu, untuk lebih memudahkan parkir kendaraan, Pemprov DKI berniat mengirim surat permintaan ke Kementerian Dalam Negeri agar di kawasan tersebut dapat dimanfaatkan untuk lahan parkir.

"Kami lagi mau bikin surat ke Mendagri. Supaya parkir mobil di sana juga. Lalu kami akan siapkan bus Enjoy Jakarta untuk bolak-balik. Misalnya dari Istiqlal, dari lapangan Banteng, seperti itu," jelas Ahok.

Kawasan Monas memang sering dijadikan pusat kegiatan. Sejauh ini, Pemprov DKI telah 2 kali menyelenggarakan Jakarta Night Festival (JNF) di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, yaitu saat Malam Tahun Baru 2013 dan HUT ke-486 DKI Jakarta, yang pusatnya di kawasan Monas ini.

Sejumlah acara besar juga direncanakan akan digelar di sini. Seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang rencananya akan digelar pada tahun depan. Karena akan banyak kegiatan itu, maka untuk memudahkan pengunjung nama pintu-pintu masuk itu akan diganti. (Eks/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.