TNI Mengintensifkan Operasi, Seorang Anggota Kopassus Gugur

  • Daerah
  • 0
  • 10 Sep 2003 00:53
Liputan6.com, Aceh Utara: Pasukan TNI terus mengintensifkan operasi untuk melumpuhkan kelompok separatis Gerakan Aceh Merdeka yang semakin terdesak ke hutan dan perbukitan. Di Desa Bukit Sentang, Aceh Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, misalnya. Pasukan TNI menyisir kawasan tersebut sejak Ahad silam hingga Selasa (9/9) ini. Sebelumnya, prajurit TNI telah menyisir Kecamatan Syamtalira Bayu dan Cot Girek, Aceh Utara.

Di Desa Bukit Sentang, pasukan TNI beberapa kali terlibat baku tembak dengan kelompok separatis. Dalam kontak senjata yang terjadi, seorang anggota Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat (Kopassus) gugur tertembak. Saat itu, Sersan Satu TNI Alfred Tarega bersama timnya yang berjumlah 15 orang sedang menyisir di desa tersebut. Almarhum Sertu Alfred Tarega adalah anggota Batalyon 33 Grup III Kopassus dan juga terdaftar sebagai atlet judo nasional.

Medan operasi di desa ini sebenarnya cukup berat. Selain kawasan perbukitan, di desa itu juga banyak rawa-rawa. Sejumlah pohon pun telah banyak yang ditumbangkan oleh GAM untuk menghalangi masuknya pasukan TNI.

Kontan senjata dengan pun GAM masih terjadi, meski sudah jarang. Pertempuran juga berlangsung di Desa Lambuk, kawasan pinggiran Kota Banda Aceh, NAD, akhir Agustus silam. Dua anggota GAM tewas dan dua prajurit TNI dilaporkan terluka dalam kontak senjata tersebut [baca: Baku Tembak Lima Jam, Dua GAM Tewas]. Di lokasi penyergapan, aparat keamanan menyita dua pucuk senjata serbu otomatis AK-47, empat magazin, dan 100 butir peluru. Satu unit sepeda motor Yamaha RX King yang digunakan kedua orang itu turut disita.(DEN/Esther Mulyani dan Agung Nugroho)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler