Sukses

[VIDEO] Diterjang Banjir, Jembatan Rp 19 M di Pulau Seram Runtuh

Hujan deras yang mengguyur dan derasnya arus air menyebabkan jembatan terpanjang di Pulau Seram, Maluku, runtuh.

Hujan deras yang mengguyur dan derasnya arus air menyebabkan jembatan terpanjang di Pulau Seram, Maluku, runtuh. Putusnya ruas penghubung antarwilayah ini mengakibatkan 6 kecamatan di Kabupaten Seram bagian timur terisolir.

Jembatan Buliver merupakan jembatan yang memiliki panjang 125 meter yang dirancang sesuai model arsitektur Eropa. Diberitakan Liputan 6 SCTV, Senin (24/6/2013), bagian tengah jembatan yang terletak di Seram Timur ini runtuh, menyebabkan jalur transportasi dari dan tujuan Seram Timur lumpuh total. Diduga tiang jembatan tak mampu menahan derasnya arus air saat banjir menerjang.

Jembatan yang menghubungkan 6 kecamatan di wilayah Pulau Seram ini dibangun tahun 2009 silam dengan biaya Rp 19 miliar. Selain faktor erosi, diduga jembatan megah dan terpanjang itu menyisakan masalah kontruksi, sehingga tidak mampu menahan terjangan air.

Warga berharap, pemerintah segera memperbaiki Jembatan Buliver yang menjadi urat nadi dan penghubung satu-satunya warga 6 kecamatan dengan Kota Bula, Ibukota Kabupaten Seram Timur. (Frd/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini