Sukses

Luthfi Gunakan Jabatannya di PKS untuk Pengaruhi Kementan

Luthfi yang saat peristiwa terjadi masih menjabat sebagai anggota DPR RI 2009-2014 diduga menerima Rp 1,3 miliar dari PT Indoguna Utama.

Luthfi Hasan Ishaaq menjalani sidang perdananya atas kasus dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian. Luthfi didakwa Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memperdagangkan pengaruhnya sebagai Presiden PKS periode 2010-2013.

"(Luthfi) menggerakkan pejabat Kementan agar merekomendasikan penambahan jumlah kuota impor daging sapi yang dipesan PT Indoguna Utama," kata jaksa Avni Carolina saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (24/6/2013).

Luthfi, lanjut Avni, yang saat peristiwa terjadi juga masih menjabat sebagai anggota DPR RI 2009-2014, diduga menerima uang Rp 1,3 miliar dari Direktur Utama Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman. Uang tersebut hendak diterima Luthfi melalui Ahmad Fathanah dalam kurun 5 Oktober 2012 hingga 29 Januari 2013 di Resto Angus Steak House Senayan City dan di kantor PT Indoguna Utama.

Suswono sendiri merupakan Menteri Pertanian yang juga kader PKS. Pada dasarya Rp 1,3 miliar yang diterima Luthfi adalah bagian dari Rp 40 Miliar yang dijanjikan Maria Elizabeth Liman bila misi selesai.

"Atas perbuatannya, terdakwa didakwa melanggar dakwaan kesatu sebagaimana diatur Pasal 12 huruf a UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP," imbuh Avni.

Ia menambahkan, pada dakwaan kedua, Lutfhi juga melanggar Pasal 5 ayat 2 UU jo Pasal 5 ayat 1 huruf a UU Pemberantasan Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan atau dakwaan ketiga melanggar Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Hingga berita ini diturunkan, sidang dengan agenda pembacaan dakwaan masih berlangsung. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini