Sukses

Fathanah, Wanita Seksi, Gelimang Barang Mewah, Lalu Apa Lagi?

Ahmad Fathanah akan menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta pada hari ini.

Pengadilan Tipikor Jakarta dijadwalkan akan menggelar sidang perdana tersangka pencucian uang suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian Ahmad Fathanah pada Senin (24/6/2013). Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan membacakan surat dakwaan untuk Fathanah.

Nama Fathanah menjadi sorotan publik sejak ditangkap oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Hotel Le Meridien, 29 Januari yang lalu. Kasus ini menjadi sorotan publik karena setelah menangkap Fathanah, Luthfi Hasan Ishaaq yang saat itu menjadi Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) turut diciduk.

Bukan itu saja yang membuat nama Fathanah terkenal. Nama orang yang disebut-sebut dekat dengan Luthfi Hasan ini terus melambung karena dikenal sangat royal kepada sejumlah wanita yang dikenalnya. Barang-barang mewah digelontorkan Fathanah kepada sejumlah wanita yang berprofesi mulai pengusaha hingga artis itu.

Saat tertangkap, Fathanah bersama seorang wanita bernama Maharani Suciono. Selain menyita uang dari Fathanah, KPK juga menyita auang Rp 10 juta dari Maharani. Belakangan, mahasiswi sebuah universitas swasta di Jakarta itu mengaku di Pengadilan Tipikor bahwa uang itu diberikan oleh Fathanah untuk berhubungan intim.

Tak hanya Maharani. Wanita lain yang diberi limpahan harta adalah model seksi Vitalia Shesya. Sejumlah barang mewah, seperti Honda Jazz dan jam merk Chopard, telah dikembalikan VItalia ke KPK. Tak hanya itu, wanita yang pernah menolak cinta Fathanah itu juga diminta mengembalikan uang Rp 100 juta.

Wanita lain yang diberi uang oleh Fathanah adalah Ayu Azhari. Artis senior ini diberi uang oleh Fathanah secara bertahap. Pertama kali Ayu menerima uang US$ 800. Kemudian, pemberian yang kedua sebesar US$ 1.000, ditransfer melalui rekening.

Ayu kembali mendapatkan Rp 10 juta dari Fathanah, diberikan secara tunai. Kemudian ada Rp 10 juta lagi yang ditransfer ke rekening. Ayu mengaku uang-uang itu diberikan sebagai uang muka pembayaran pekerjaan manggung di acara PKS.

Sementara, pedangdut Tri Kurnia Puspita juga diberi sejumlah barang mewah. Dari Tri, KPK menyita 1 unit mobil Honda Freed, 1 jam Rolex, dan gelang Hermes. Tri Kurnia juga merupakan sahabat istri Faathanah, Septi Sanustika. Selain itu, pernah beredar juga 45 nama wanita yang diduga menerima dana dari Ahmad Fathanah.

Fathanah diduga menerima suap dari PT Indo Guna Utama untuk mengurus kuota impor daging sapi di Kementrian. Bersama Luthfi Hasan, dia diduga menerima uang Rp 1,3 miliar dari Rp 40 miliar yang dijanjikan.

Semua informasi itu terkuak selama proses penyidikan Ahmad Fathanah. Namun, tidak menutup kemungkinan masih ada fakta lain yang belum terungkap selama ini. Yang jelas, semua fakta menyangkut Ahmad Fathanah akan dibacakan oleh Jaksa dalam persidangan siang nanti. (EKs)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini