[VIDEO] Ditunda Keberangkatannya, 58 Calon Haji Protes

on Jun 23, 2013 at 09:47 WIB

Pengurangan kuota jamaah haji seluruh dunia oleh Pemerintah Arab Saudi mengecewakan keluarga dan para calon jamaah haji asal Indonesia. Diantara mereka adalah calon jamaah asal Bima, NTB. Berdasarkan pengumuman kantor Kementrian Agama Bima, 58 calon jamaah haji dari kota dan kabupaten Bima batal berangkat.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Minggu (23/2013), kantor Kementrian Agama Kota dan Kabupaten Bima, NTB, diprotes meski itu keputusan Pemerintahan Arab Saudi. Pasalnya, dari 58 calon jamaah haji yang batal berangkat, sebagian besar justru kelompok lanjut usia.

Kuota jamaah haji terpaksa dikurangi menyusul kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang tengah merenovasi kompleks Masjidil Haram.

Pengumuman pembatalan keberangkatan calon jamaah haji ini juga mengecewakan para calon haji. Mereka datang ke kantor Kemenag bukan karena diundang untuk pembinaan calon haji. Namun ternyata mereka justru mendapat pemberitahuan pembatalan keberangkatan haji tahun ini.

Pihak Kemenag menghimbau para calon jamaah haji yang ditunda keberangkatanya agar tetap berdoa. Pemerintah Indonesia masih berusaha melobi Pemerintah Arab Saudi agar memberikan dispensasi. Sehingga seluruh calon jamaah haji Indonesia tahun ini tetap bisa berangkat ke tanah suci.

Diperkirakan tahun ini sebanyak 40.000 calon jamaah Indonesia terancam tertunda haji akibat kebijakan Arab Saudi tahun ini. (Adi)

Credit Adi

Suka artikel ini?

0 Comments